Menu

Falco, Konsep Kapal Otonom dengan Teknologi Canggih

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Jan 22, 2019.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 263
    • Likes Received: 95
    [​IMG]

    Pengembangan teknologi alat transportasi terus dikembangkan. Seperti yang kita ketahui, sejumlah perusahaan otomotif kini bekerjasama dengan perusahaan teknologi untuk membuat mobil, bus hingga kereta otonom atau tanpa pengemudi.

    Tak hanya berlaku di darat, saat ini mulai dikembangkan kapal ferry penumpang dan barang yang bisa dioperasikan tanpa pengemudi atau secara otonom. Nah, apakah Anda penasaran dengan inovasi ini? Mari kita simak ulasannya di bawah!

    Falco, Kapal Otonom dari Finferries dan Rolls-Royce

    Inovasi dunia pelayaran ini dihadirkan melalui Falco, kapal otonom pertama di dunia yang dimiliki oleh Finferries, operator kapal Pemerintah Finlandia. Dalam pengembangannya, Finferries menggandeng perusahaan Roll-Royce dan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan sensor fusi guna mendeteksi objek, serta menghindari kecelakaan dan tabrakan.

    Melalui implemetasi teknologi tersebut, kapal bisa mengubah jalur secara otomatis meskipun tengah melakukan pelayaran. Saat mendekati dermaga, kapal pun bisa mengurangi kecepatan secara otomatis sehingga dapat bersandar secara aman.

    Teknologi Canggih untuk Pelayaran Tanpa Pengemudi

    [​IMG]

    Selain sensor fusi dan kecerdasan buatan, kapal Falco juga didukung dengan sederet sensor canggih untuk menghasilkan gambaran detail terkait lingkungan sekitar kapal secara real-time. Gambaran ini dibuat dengan data sensor yang akan disampaikan ke pusat operasi jarak jauh sekitar 50 km di pusat kota Turku, sedangkan nantinya kapten bisa memonitor operasional hingga mengendalikan kapal saat diperlukan.

    Guna memantapkan pengembangan kapal otonom, Rolls-Royce dan Finferries juga menjalin kerjasama strategis lainnya, seperti dalam SVAN (Safer Vessel dengan Autonomous Navigation) sehingga menegaskan bahwa pengiriman kapal ferry otonom akan terjadi di masa depan.

    Sebelum memperkenalkan pengembangan teknologi kendali otonom, Falco sudah dioperasikan oleh Finferries sejak tahun 1993 dan turut dilengkapi pendorong azimut kembar buatan Rolls-Royce. Tentu, diharapkan bahwa pengembangan proyek ini segera terealisasi untuk hadirkan inovasi kapal laut yang canggih, modern dan aman.