Menu

Hal Penting untuk Diperhatikan Saat Impor Barang dari Luar Negeri

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 17, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Banyak alasan mengapa masyarakat Indonesia melakukan impor barang dari luar negeri, seperti harga yang jauh lebih murah sehingga bisa dijual kembali, ketersediaan stok barang yang melimpah, kualitas barang lebih baik, serta keunikan barang yang sulit diperoleh di dalam negeri.

    Saat ini, terdapat banyak pilihan jasa pengiriman yang bisa dipilih, salah satu yang paling populer adalah menggunakan kapal kargo. Ya, pengiriman menggunakan kapal laut dinilai lebih efisien karena bisa memuat jumlah barang lebih banyak, ongkos yang jauh lebih murah, serta estimasi pengiriman yang relatif cepat ketimbang menggunakan jalur darat.

    Nah, untuk Anda yang tertarik melakukan impor barang dari luar negeri melalui kapal laut, berikut ini terdapat istilah-istilah terkait impor barang ke dalam negeri berdasarkan regulasi pemerintah. Apa saja itu?

    · Bea masuk

    Bea masuk merupakan pungutan dari pemerintah terhadap barang impor yang masuk ke Indonesia. Mengenai tarifnya, jumlah bea masuk antar barang memiliki perbedaan tergantung jenis barangnya dengan biaya yang disesuaikan menurut Buku Tarif Kepabeanan Indonesia.

    · PDRI

    PDRI merupakan singkatan dari Pajak Dalam Rangka Impor, merupakan pungutan dari pemerintah atas jenis barang impor yang masuk ke wilayah Indonesia dan terdiri dari pajak penghasilan, penjualan barang mewah dan pajak pertambahan nilai.

    · Harga Barang

    Harga barang merupakan besaran biaya atas barang yang diimpor, disebut juga dalam istilah cost (C) di area kepabeanan.

    · Nilai asuransi

    Sesuai namanya, nilai asuransi merupakan biaya yang akan dikenakan terhadap suatu barang yang masuk ke wilayah Indonesia.

    · Ongkos kirim

    Ongkos kirim adalah biaya pengiriman yang dikenakan pihak penyedia jasa pengiriman barang impor ke dalam negeri (freight). Besaran ongkos kirim akan berbeda-beda mengikuti kebijakan perusahaan pengiriman, rute, jenis, berat barang, volume barang dan lain-lain.

    Khusus untuk Anda yang ingin melakukan impor barang menggunakan kapal laut, Anda harus memilih perusahaan kargo dengan kredibilitas baik dan rute pengiriman yang sesuai dengan keinginan. Sementara itu, banyak juga perusahaan kargo kapal laut yang melakukan pengantaran dari pelabuhan ke pelabuhan atau pelabuhan ke rumah dengan perbedaan tarif.

    Pastikan, Anda melakukan penghitungan biaya secara menyeluruh sebelum impor barang, di mana nilai tukar berlaku pada hari dimana barang masuk ke pelabuhan.