Menu

Menara Suar Sebagai Pendukung Keselamatan Pelayaran

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 27, 2019.

Share This Page

Tags:
  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 278
    • Likes Received: 108
    [​IMG]

    Menara suar merupakan salah satu fasilitas penting karena berperan sebagai Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP). Begitu pentingnya, fungsi dari menara suar harus terus ditingkatkan karena sangat diandalkan untuk keselamatan, keamanan dan kelancaran lalu lintas pelayaran. Selain itu, menara suar pun berperan untuk menunjukkan kedaulatan negara sebagai batas teritorial, terlebih untuk menara yang terletak di wilayah terdepan Indonesia sehingga perannya sangatlah penting untuk dirawat dan dijaga oleh semua pihak.

    Bahkan, saat ini terdapat banyak menara suar peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dibangun sekitar tahun 1880 sehingga memiliki nilai sejarah terkait titik awal berkembangnya suatu wilayah sebagai pusat perekonomian, sosial dan budaya, serta menjadi akses masuk dan keluar dari kapal-kapal dari pelabuhan di era tersebut.

    Peringatan Hari Menara Suar Ke-5

    Bertepatan dengan tanggal 22 September ini, peringatan Hari Menara Suar sudah memasuki tahun ke-5. Pada peringatan ini, apresiasi diberikan kepada para penjaga menara suar yang telah memberikan dedikasi atas keselamatan dan keamanan pelayaran meskipun akses lokasi, teknis serta resiko pekerjaannya penuh dengan tantangan.

    Adapun, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan upaya untuk menjamin menara suar berfungsi secara maksimal melalui kegiatan pemeliharaan dan pengiriman kebutuhan operasional dan logisitk kepada seluruh wilayah, termasuk daerah terpencil dan terluar di Indonesia.

    Di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo, menara suar memiliki peranan penting untuk meningkatkan keselamatan kapal yang berlayar dari daerah terpencil dan terluar, menjadi penghubung antar wilayah, serta berperan sebagai salah satu alat untuk memperkuat batas wilayah kedaulatan NKRI sebagai pendukung Program Nawa Cita yang saat ini sedang digalakkan.

    Pada ulang tahun yang ke-5 ini, diharapkan Perayaan Hari Menara Suar tak hanya dirayakan oleh jajaran Direktorat Kenavigasian saja, melainkan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang harus mengetahui pentingnya menara suar untuk menjaga keselamatan maritim di seluruh wilayah perairan indonesia

    Source : IME
     
  2. Anggiat

    Anggiat New Member

    • Messages: 1
    • Likes Received: 0
    Kami jual lampu navigasi untuk menara suar diatas.kami agen tunggal merk Tideland