Menu

Mengenal Jenis-jenis Kapal RoRo

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 27, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Untuk Anda yang bekerja di industri pelayaran, tentunya Anda sangat mengenal dengan kapal RoRo (Roll on - Roll off). Selain difungsikan untuk mengangkut penumpang, jenis kapal ini juga digunakan untuk mengangkut berbagai macam benda berat seperti kereta api dan mobil.

    Untuk Anda yang belum tahu, kapal RoRo terbagi dalam beberapa jenis, di mana masing-masingnya memiliki fungsi berbeda. Nah, apa saja sih jenis kapal RoRo yang terdapat di industri pelayaran? Berikut daftarnya!

    Pure Car Carrier (PCC) dan Pure Car & Truck Carrier (PCTC) RoRo Ship

    [​IMG]

    Kedua kapal RoRo ini sama-sama memiliki kemampuan untuk mengangkut benda berbobot tinggi. Untuk Kapal RoRo Pure Car Carrier (PCC), kapal tersebut dikhusukan untuk mengangkut mobil, sedangkan Pure Car & Truck Carrier (PCTC) digunakan untuk mengangkut mobil dan berbagai jenis kendaraan roda empat lainnya.

    Container Vessel RoRo Ship

    [​IMG]

    Kapal RoRo jenis ini memiliki bentuk menarik karena merupakan penggabungan dengan truk kontainer. Secara khusus, Container Vessel dirancang supaya bisa menahan beban secara merata dan seimbang dengan memiliki daya angkut hingga 50.000 DWT (Dead Weight Tonnes).

    General Cargo RoRo Ship

    [​IMG]

    Untuk keperluan ekspedisi, biasanya sejumlah perusahaan menggunakan Kapal RoRo General Cargo. Kapal jenis ini mempunyai kemampuan angkut normal dan memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dengan daya angkut mencapai 30.000 DWT.

    RoPax Ship

    [​IMG]

    Jenis kapal RoRo yang satu ini tak hanya difungsikan untuk mengangkut kendaraan, namun dilengkapi dengan sederet fasilitas untuk para pelaut di atas kapal. Umumnya, banyak orang menganggap bahwa RoPax merupakan kapal ferry untuk mengangkut kendaraan dan penumpang antar dua pelabuhan.

    Complete RoRo Ship

    [​IMG]

    Terakhir adalah Complete RoRo Ship yang didalamnya dilengkapi hatchways dan dioperasikan di lautan lepas. Sayangnya, kapal ini memiliki kemampuan yang tak sesuai namanya, karena hanya memiliki daya angkut mencapai 40.000 DWT saja.