Menu

Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Kapal Pesiar

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Oct 11, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 226
    • Likes Received: 48
    [​IMG]

    Gaji besar serta pengalaman menarik membuat banyak orang tertarik untuk bekerja di kapal pesiar. Terlebih, kapal pesiar memerlukan kru dan awal kapal dengan masing-masing bidang pekerjaan yang variatif sehingga memberikan kesempatan yang luas pada banyak orang untuk bisa bekerja.

    Khusus untuk Anda yang sudah menemukan lowongan kerja dengan bidang pekerjaan yang sesuai, maka saatnya Anda mencoba mendapatkan peruntungan dengan mengirimkan surat lamaran kerja. Nah, untuk membantu Anda, berikut ini terdapat panduan umum untuk membuat surat lamaran kerja di kapal pesiar. Apa saja itu?

    Format Resume

    Pertama-tama, pastikan format resume telah Anda simpan dalam bentuk Portable Document Format (PDF), Microsoft Word, atau Rich Text Format. Selain itu, buatlah resume dengan maksimal 2 halaman dan diketik menggunakan ukuran font yang tidak kurang dari 10pt.

    Daftar Pengalaman Kerja

    Pihak manajemen kapal pesiar lebih senang dengan penempatan informasi pengalaman kerja yang ditulis sebelum riwayat pendidikan. Di sini, Anda bisa membuat daftar pengalaman kerja dimulai dari yang paling akhir berikut informasi skill yang mengarah pada posisi incaran Anda untuk bekerja di kapal pesiar.

    Jangan lupa, berikan keterangan sejelas mungkin karena kebanyakan kapal pesiar merupakan perusahaan internasional yang belum tentu mengetahui perusahaan terakhir yang menjadi tempat Anda bekerja.

    Daftar Riwayat Pendidikan

    Di dalam daftar riwayat pendidikan, tulisan informasi yang dimulai dari pendidikan tertinggi. Jika Anda belum memiliki pengalaman bekerja, Anda bisa mengabaikan lampiran informasi daftar pengalaman kerja karena terdapat sejumlah bidang pekerjaan di kapal pesiar yang tidak mengutamakan pengalaman kerja.

    Informasi Kemampuan Bahasa dan Skill

    Jangan lupa, buatlah daftar bahasa yang Anda kuasai berikut tingkat penguasaannya terhadap bahasa tersebut, apakah aktif atau pasif. Setelah itu, buat bagian khusus di surat lamaran kerja yang menginformasikan tentang keterampilan Anda yang berhubungan dengan posisi yang akan Anda lamar.

    Lampiran Referensi

    Sertakan juga setidaknya 3 referensi dari orang-orang yang kompeten untuk menilai skill Anda dalam bekerja. Jangan lupa, sertakan nomor orang yang mereferensikan Anda dalam format internasional yang diawali +62 untuk Indonesia sehingga memudahkan manajemen kapal pesiar untuk menghubunginya.

    Sertakan Foto Diri

    Untuk sejumlah perusahaan kapal pesiar yang berbasis di Amerika Serikat, umumnya mereka tidak meminta foto diri para pelamar. Namun, tak ada salahnya untuk menyiapkan foto diri Anda yang terlihat menarik dan profesional.

    Sekarang, apakah Anda sudah siap untuk mengirimkan surat lamaran ke perusahaan kapal pesiar? Semoga beruntung!