Menu

Ramah Lingkungan, Kapal Nelayan di Riau Gunakan Bahan Bakar LPG!

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Dec 7, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 263
    • Likes Received: 98
    [​IMG]

    Kesadaran terhadap lingkungan laut tentunya harus dimiliki oleh semua orang, terlebih oleh para nelayan, pelaut ataupun pengguna transportasi kapal secara umum. Untungnya, hal ini kini mulai disadari oleh pemerintah dan para nelayan di Riau yang mulai mengganti bahan bakar dengan yang lebih ramah terhadap lingkungan.

    Lantas, bagaimana cara nelayan di Riau mengganti bahan bakar minyak ke bahan bakar LPG dan bagaimana dukungan pemerintah terhadap program khusus para nelayan kecil tersebut? Berikut ulasannya:

    Dukungan PT PertaminaTerhadap Nelayan di Riau

    [​IMG]

    Saat ini, para nelayan kecil yang bermukim di Desa Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Riau, telah mendapatkan dukungan dari pemerintah. Adapun, PT Pertamina (Persero) telah menyediakan sebuah alat untuk mengubah pengubah konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) atau biasa disebut dengan konverter kit dengan jumlah 679 paket perdana.

    Melalui pembagian konventer kit untuk para nelayan ini, diharapkan pemerintah dan Pertamina dapat meningkatkan produktivitas para nelayan kecil dan memaksimalkan taraf ekonomi di kawasan pesisir, khususnya di Riau. Dengan penggunaan konverter kit berupa Liqufied Petroleum Gas (LPG) ini, nelayan kecil pun dapat menghemat penggunaan BBM dan dapat mengoperasikan kapal mereka sehingga lebih aman.

    Tak hanya efektif mengurangi konsumsi BBM, LPG yang digunakan oleh kapal nelayan di Riau juga dapat mengurangi pencemaran laut karena bahan bakar tersebut dikenal lebih ramah lingkungan. Hasilnya, ekosistem laut pun akan menjadi lebih baik.

    Melalui program ini, Pertamina ingin memastikan bahwa nelayan kecil berhak mendapatkan paket konventer bahan bakar LPG ini. Informasi terbaru, Pertamina MOR I sudah berhasil memberikan dan memasang 67 paket konventer kit LPG untuk para nelayan kecil di Kota Pekanbaru, 206 paket konventer kit untuk nelayan di Kabupaten Indragiri, serta sebanyak 406 paket konventer kit untuk nelayan di Kabupaten Kampar.

    Diharapkan, pemberian paket konventer LPG ini dapat meringankan beban perekonomian para nelayan kecil sehingga membantu pekerjaan mereka semakin produktif. Nah, apakah Anda tertarik mengganti bahan bakar kapal Anda dengan yang ramah lingkungan?