Menu

Tips Aman Membawa Mobil Saat Naik Kapal Ferry

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Dec 26, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 263
    • Likes Received: 95
    [​IMG]

    Anda berencana mudik Natal dan Tahun Baru menggunakan mobil pribadi? Untuk Anda yang melakukan perjalanan darat, mungkin hal ini bukanlah kendala. Namun, bagaimana jika tujuan mudik Anda berada di sebrang pulau sehingga mengharuskan Anda menggunakan moda transportas laut seperti kapal ferry?

    Untuk Anda yang berencana mudik membawa mobil dengan menaiki kapal ferry, tak perlu was-was. Dengan mematuhi aturan yang diberikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), tentunya Anda bisa melakukan mudik dengan lancar tanpa kendala, serta jauh lebih efisien dan ekonomis karena penggunaan mobil pribadi akan lebih memudahkan Anda.

    Nah, untuk Anda yang pertama kali melakukan mudik dengan membawa mobil pribadi dan menaiki kapal ferry, berikut ini terdapat tips yang bisa Anda lakukan supaya perjalanan lebih aman dan nyaman. Apa saja?

    Patuhi Petugas Parkir Kapal

    [​IMG]

    Secara umum, tak ada kesulitan berarti untuk menyebrangkan mobil menggunakan kapal ferry. Di sini, Anda cukup mematuhi instruksi petugas parkir, utamanya saat Anda melewati pintu dan saat berada di lambung kapal. Ketika Anda melewati pintu masuk kapal, melajulah secara perlahan dan hati-hati. Jangan lupa, terus ikuti aba-aba dari petugas dan tetaplah berada di jalur yang ditentukan.

    Parkir Secara Efisien

    Kapal ferry memiliki luas ruang yang terbatas sehingga terdapat potensi mobil kesayangan Anda tergores jika posisi parkir tidak dilakukan secara benar. Oleh sebab itu, Anda diharuskan bekerjasama dengan pengemudi lain dan mematuhi arahan petugas parkir supaya posisi parkir bisa dilakukan secara efisien.

    Jangan Menyalakan Mesin di Dalam Kapal

    Jika Anda sudah menemukan posisi parkir yang tepat, segera matikan mesin mobil Anda dan aktifkan rem tangan atau rem parkir. Ya, dengan mematikan mesin mobil, maka Anda bisa meminimalisir polusi dan potensi kebakaran di dalam kapal.

    Segera Beranjak ke Ruangan Atas

    Jika mesin mobil Anda sudah dipastikan mati, maka segeralah bergabung dengan penumpang lain untuk menuju ruangan atas. Selain lebih nyaman, proses penyelamatan penumpang yang berada di dek atas akan lebih mudah jika terjadi sebuah musibah dan tentunya berbeda jika Anda berada di dalam lambung kapal yang lebih sulit untuk dilakukan penyelamatan.

    Tips di atas bisa Anda lakukan saat ingin membawa mobil pribadi menggunakan kapal ferry. Semoga kegiatan mudik Natal dan Tahun Baru ini berjalan lancar, ya!
     
  2. Joseph

    Joseph is a Verified MemberJoseph Member

    • Messages: 31
    • Likes Received: 5
    Good information
    CONGRATZ on your Christmas
    God blessing of you n Family


    Sent from my Redmi Note 3 using KapalAku.com mobile app