Menu

9 Hal yang mungkin kita tidak ketahui tentang Pelumas / Oli

Discussion in 'Diskusi Umum' started by Hendy Tazali, Apr 4, 2020.

Share This Page

  1. Hendy Tazali

    Hendy Tazali is a Featured MemberHendy Tazali is a Verified MemberHendy Tazali New Member

    • Messages: 12
    • Likes Received: 5
    Mungkin, Kita semua sudah pernah mendengar kata Pelumas / Oli. Tapi tahukah Anda apa beda?

    Bagaimana dengan Gemuk/Grease ?

    Atau Pelumas / Oli Gear?

    Kata Oli / Pelumas itu sebenarnya cukup mirip dan memiliki fungsi yang hampir sama - yaitu melindungi mesin dari keausan sehari-hari. Tetapi apa yang membuat mereka berbeda satu sama lain, dan mengapa mereka penting untuk menjaga dunia kita bergerak? Saya coba di sini untuk menjelaskan.

    1. Jadi, apa itu pelumas/oli?
    Pelumas/Oli, gemuk/grease - keduanya membantu peralatan mekanis bekerja dengan lancar, meningkatkan efisiensi dan mengurangi keausan. Oli dan gemuk/grease keduanya adalah pelumas tetapi sedikit berbeda satu sama lain, sebagian besar dalam hal konsistensi. Sebagian besar pelumas berbahan dasar minyak mentah bumi. Penguat kinerja seperti aditif anti-aus atau inhibitor karat kemudian ditambahkan untuk menciptakan campuran sempurna yang membuat engine dan roda gigi senang.

    2. Pelumas membantu roda berputar dan CO2 turun.

    1.png

    Ketika mesin dilumasi dengan benar, ada sedikit gesekan antara bagian yang bergerak (ini berlaku untuk pelumas dengan viskositas tinggi atau rendah). Itu berarti kendaraan dapat berjalan lebih efisien dan meningkatkan penghematan bahan bakar hingga 2%. Selain menghemat uang di pompa bahan bakar, penghematan bahan bakar yang lebih baik juga membantu menurunkan output CO2 keseluruhan kendaraan.

    3. Pelumas Sintetik adalah Pemecah Masalah.
    Oli engine full-sintetik memberikan kinerja dan perlindungan yang lebih baik daripada oli konvensional atau campuran-sintetis. Itu karena sintetik mengandung lebih sedikit kotoran (menjaga mesin lebih bersih), mempertahankan viskositas yang relatif konsisten dan memberikan perlindungan keausan engine yang lebih lama daripada bagian-bagian mesin.

    4. Mereka membantu membuat energi angin menjadi mudah.

    2.png

    Ketika berbicara tentang energi angin, itu semua tentang putaran. Tetapi tanpa pelumasan yang tepat, turbin angin tidak dapat melakukan perputarannya. Pelumas ExxonMobil saat ini membantu menjaga lebih dari 40.000 turbin angin di seluruh dunia bergerak. ExxonMobil dan mitranya bahkan telah merancang truk khusus untuk China, produsen energi angin terbesar, untuk membantu turbin angin jarak jauh di sana berputar dengan lancar.

    5. Standard Interval Penggantian oli bukan satu ukuran untuk semua
    Seberapa sering Anda harus mengganti oli? Anda mungkin pernah mendengar bahwa 3.000 KM adalah standar nasional pergantian oli. Sementara dulu, banyak minyak konvensional sekarang dapat bertahan selama 5.000 atau 7.500 KM. Bahkan lebih mengesankan? Mobil 1 Perlindungan Tahunan hanya perlu mengubah setiap 20.000 KM atau setahun sekali, sangat mengesankan.

    6. Pelumas dikenal sebagai "darah dalam kendaraan"

    3.png

    Mengapa teknisi balap menyukai pelumas? Selain membantu mobil balap mencapai potensi maksimalnya, itu juga memberi wawasan tentang kesehatan mesin. Penasihat teknis Formula 1 "Sean Dunnett" dan "Dario Izzo" mengambil sampel oli mesin bekas, seperti halnya dokter mungkin mengambil sampel darah, untuk mencari masalah yang mendasarinya sehingga dapat diatasi sebelum masalah besar muncul.

    7. Mereka tetap halus bahkan pada ketinggian 35.000 kaki
    Mesin pesawat membutuhkan pelumas untuk memungkinkan penerbangan yang mulus dan pendaratan yang aman. Minyak jet harus tahan terhadap beberapa kondisi terberat dari pelumas mana pun, tahan suhu ekstrem mulai dari -40 ° F (-40 ° C) hingga sepanas 356 ° F (180 ° C). ExxonMobil menghabiskan hampir satu dekade mengembangkan dan menguji Mobil Jet Oil 387, Oli yang sama yang digunakan dalam penerbangan nonstop komersial terpanjang di dunia: dari Bandara Changi Singapura ke Bandara Internasional Newark Liberty di New Jersey.

    8. Warna tidak masalah

    4.png

    Meskipun beda warna dari Pelumas, Gemuk/Grease itu akan tetap bekerja. Pabrikan menambahkan pewarna untuk membantu operator membedakan satu produk dari yang lain karena gemuk/grease yang berbeda sering digunakan di berbagai bagian mesin yang sama.

    9. Pelumasan akan tetap ada
    Permintaan pelumas terus tumbuh ketika teknologi baru saat ini - seperti turbin angin, mesin diesel dan kendaraan listrik, serta aplikasi tradisional, seperti peralatan pemrosesan makanan dan mesin kapal - Muncul.


    Sources:
    Energy Factor by ExxonMobil
    @sipmarine