Menu

Antasena, Tank Boat Buatan Indonesia Pertama di Dunia

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 5, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Industri perkapalan di Indonesia terus mengalami kemanjuan. Seperti yang baru-baru ini dilakukan PT Lundin, produsen kapal berteknologi canggih berbasis di Banyuwangi, Jawa Timur, saat ini memulai kerjasama dengan PT Pindad Indonesia dan CMI Defense untuk memproduksi kapal tank boat pertama di dunia bernama Antasena.

    Melalui Antasena, TNI AL kini mendapatkan tambahan senjata andalan baru untuk menjaga keamanan Indonesia. Adapun, pengambilan nama Antasena diambil dari tokoh pewayangan yang terkenal memiliki kemampuam bertarung di air.

    Nah, seperti apa sih tank boat Antasena ini? Simak spesifikasi, kelebihan dan persenjataan yang terdapat di tank boat Antasena berikut ini:

    Kemampuan Tank Boat Antasena

    [​IMG]

    Sama halnya dengan tank baja, Antasena sanggup melakukan manuver dengan gesit di atas perairan layaknya sebuah kapal patroli. Bisa digunakan untuk menjangkau perairan dangkal, senjata di Antasena juga dinilai cocok digunakan untuk memburu perompak di kawasan pantai atau rawa-rawa yang sebelumnya sulit dikejar oleh kapal patroli berukuran besar. Selain itu, Antasena juga sanggup menjangkau hutan-hutan bakau yang banyak terdapat di Indonesia.

    Dalam pembuatannya, Antasena menggunakan komposit dengan platform kapal catamaran (double hull). Mempunyai panjang total mencapai 18 meter dengan mengandalkan mesin diesel buatan MAN, tank boat ini sanggup melaju hingga kecepatan 40 knots dari perairan dangkal sekitar 1 meter sampai laut lepas.

    Persenjataan Tank Boat Antasena

    [​IMG]

    Sementara itu, PT Pindad menggarap persenjataan di tank boat ini secara serius dengan memasang senjata utama berupa meriam 105 mm yang sangat bertenaga untuk hancurkan kapal musuh. Selain itu, ada pula Remote Control Weapon System (RCWS) kaliber 7.62 milimeter yang sudah dipadukan dengan sistem nadir dan navigasi canggih.

    Saat ini, prototipe dari Antasena sudah dipamerkan dan telah masuk tahap produksi. Begitu mengesankan, tank boat ini juga menarik Rusia yang saat ini sudah melakukan pemesanan.