Menu

Inilah Jenis Kapal Perang di Seluruh Dunia

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 21, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 121
    [​IMG]
    Kapal perang dapat mewakili identitas dari sebuah negara. Kapal perang digunakan oleh militer Angkatan Laut dan berfungsi untuk menjaga kedaulatan sebuah negara, digunakan untuk keperluan perang ataupun digunakan untuk keperluan pengawasan.

    Kapal perang terbagi dalam beberapa jenis yang ditentukan berdasarkan fungsi maupun kondisi geografis sebuah negara. Lantas, apa saja jenis kapal perang yang umum digunakan oleh negara-negara di dunia? Berikut daftarnya!

    Kapal Induk

    [​IMG]

    Kapal Induk merupakan kapal perang yang mampu memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugas dari kapal ini adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut, serta pusat komando operasi untuk menyerang lawan.

    Berkemampuan mengangkut pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur lebih tinggi ketimbang jenis kapal lain, termasuk fungsi lain seperti superioritas udara, keperluan bantuan dan pengintaian.

    Kapal Jelajah Tempur

    [​IMG]

    Kapal yang satu ini merupakan jenis kapal tempur berukuran besar dengan kelengkapan senjata yang setara dengan kapal perang dan kecepatan yang setara dengan kapal penjelajah.

    Sayangnya, Kapal Jelajah Tempur memiliki lapisan baja yang cenderung tipis dan senjata dengan daya tembak lebih lemah. Terhitung sejak Perang Dunia II, hanya kapal penjelajah nuklir Kelas Kirov dari Uni Soviet yang masuk dalam golongan Kapal Jelajah Tempur.

    Landing Platform Dock

    [​IMG]

    Landing Platform Dock atau dikenal dengan sebutan Amphibious Transport Dock merupakan kapal perang amfibi yang membawa, meluncurkan dan mendaratkan kekuatan darat untuk misi perang gerak cepat. Umumnya, kapal yang satu ini dirancang untuk membawa pasukan ke zona tempur melalui laut dengan kemampuan kekuatan udara yang terbatas.

    Kapal Perusak

    [​IMG]

    Disebut juga dengan nama Destroyer, Kapal Perusak merupakan kapal dengan kecepatan yang sangat tinggi. Kapal ini bertugas untuk memproteksi armada perang berukuran lebih besar seperti kapal induk, tercatat sebelum Perang Dunia II bahwa kapal ini memilik ukuran yang sangat ringan dan tidak mempunyai ketahanan untuk dioperasikan di laut lepas.

    Kapal Perusak dengan Peluru Kendali

    [​IMG]

    Kapal yang satu ini dirancang khusus untuk meluncurkan peluru kendali, bahkan beberapa diantaranya dilengkapi dengan senjata anti pesawat terbang, anti kapal dan anti kapal selam. Umumnya, kapal perang jenis ini dilengkapi dua buah sistem peluncur peluru, bahkan banyak juga yang disertai dengan sistem radar yang canggih.

    Kapal Siluman

    [​IMG]

    Disebut juga dengan Stealth ship, kapal satu ini tidak dapat dilacak oleh radar, bahkan meskipun tertangkap radar terlihat sebagai kapal nelayan atau objek yang tidak berbahaya.

    Kapal Tempur

    [​IMG]

    Terakhir adalah Kapal Tempur yang merupakan kapal perang besar dengan baterai utama berupa kaliber besar. Umumnya, Kapal Tempur dilengkapi dengan senjata dan keamanan yang baik ketimbang kapal penjelajah dan kapal perusak. Sebagai kapal bersenjata, Kapal Tempur juga digunakan sebagai pemegang komando laut.

    Nah, jenis kapal perang diatas sangatlah umum dimiliki oleh berbagai negara di dunia. Anda memiliki informasi tambahan lain? Silahkan share pendapat Anda di kolom reply yang terdapat di bagian bawah!
     
  2. IndraMKT-CMS

    IndraMKT-CMS New Member

    • Messages: 4
    • Likes Received: 1
    • WEBSITE:
      www.caputra.com