Menu

KMP Port Link, Kapal Ferry Terbesar dengan Sensasi Mewah

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Oct 2, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 278
    • Likes Received: 108
    [​IMG]

    Sebelumnya, KMP Legundi dikenal sebagai kapal ferry Ro-Ro terbesar hasil buatan Dalam Negeri. Namun, PT ASDP Indonesia Ferry kini memiliki kapal ferry tandingan dengan bobot yang jauh lebih besar bernama KMP Port Link.

    KMP Port Link merupakan salah satu kapal ferry terbaru milik PT ASDP Indonesia Ferry yang didatangkan langsung dari Inggris. Uniknya, perakitan KMP Port Link dilakukan di tempat yang sama dengan RSM Titanic yakni di Harland and Wolff Ltd Belfast, Liverpool, Inggris.

    KMP Port Link sebagai Kapal Ferry Mewah dan Aman

    [​IMG]

    Sama halnya dengan RMS Titanic, KMP Port Link yang dibangun pada tahun 1986 juga menyandang sebutan sebagai kapal mewah. Sebutan mewah KMP Port Link terletak pada sederet fasilitas yang ditawarkannya, mulai dari kafe, bar, minimarket, tempat bermain anak, pusat bisnis dengan koneksi internet, hingga teater.

    Memiliki panjang mencapai 122,51 meter, KMP Port Link sanggup menampung hingga 1.500 orang penumpang. Selain itu, kapal ini dilengkapi dengan 2 dek khusus, yakni dek untuk menampung kendaraan seperti truk dan bus dengan muatan hingga 40 kendaraan dan dek yang digunakan untuk menampung hingga 100 kendaraan pribadi.

    Meskipun KMP Port Link dapau menampung hingga 1.500 orang penumpang, namun kapal ini memiliki alat keselamatan berjumlah 1.800 buah. Selain itu, tersedia pula 6 buah sekoci untuk digunakan dalam kondisi darurat.

    Spesifikasi KMP Port Link

    Hal menarik lainnya, KMP Port Link menggunakan AIS (Automatic Identification System) Vessel jenis Passenger. Teknologi ini merupakan sistem pelacakan otomatis dengan pelayanan lalu lintas kapal sehingga bisa mengidentifikasi pertukaran data dengan kapal yang berada di dekatnya. Selain itu, ada pula dukungan teknologi radar yang memungkinkan kapal bisa menghindari kecelakaan seperti tabrakan.

    Mampu melaju pada kecepatan 10 knot, KMP Port Link memerlukan waktu tempuh selama 2 jam untuk menyebrangi Selat Sunda. Sementara itu, mesin yang digunakannya berjenis Pielstick-Crossley 16PC2V Mk5 diesel dengan sistem permesinan MJR (Major Automatic and Control System).

    Hadir dengan fasilitas lengkap dan interior yang mewah, KMP Port Link melayani 4 jadwal keberangkatan dari pelabuhan Bakauheni ke pelabuhan Merak, atau sebaliknya. Apakah Anda memiliki pengalaman menaiki kapal ferry yang satu ini?