Menu

Mengenal Basic Safety Training dan Cara Mendapatkannya

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 3, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]
    Basic Safety Training atau BTS merupakan sertifikat wajib yang harus dimiliki seorang pelaut. Apapun departemen di kapal yang akan Anda lamar, Anda wajib memiliki sertifikasi dasar ini untuk melancarkan proses perekrutan dan termasuk syarat utama untuk mendapatkan buku pelaut.

    Nah, untuk Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini adalah penjelasan lengkap terkait Basic Safety Training dan cara mendapatkannya.

    Tujuan Pembuatan Basic Safety Training

    Pembuatan Basic Safety Training bertujuan untuk memberikan wawasan pada semua pelaut terkait keselamatan. Diharapkan, sertifikasi ini membuat pelaut semakin sadar untuk menjaga dan mencegah terjadinya kecelakaan, memiliki rasa peduli akan pentingnya keselamatan di lingkungan kerja, serta meminimalisir resiko kerugian bagi perusahaan kapal.

    Dalam pembuatannya, peserta wajib mengikuti pelatihan atau diklat yang berlangsung selama 8 hingga 10 hari. Adapun, durasi tersebut terbagi dalam 8 hari untuk mempelajari teori di kelas dan 2 hari untuk praktek di lapangan yang dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 16,00 atau selama delapan jam pelajaran.

    Syarat Pembuatan Sertifikat Basic Safety Training

    Agar bisa mengikuti pelatihan dan memperoleh sertifikat Basic Safety Training, Anda wajib melampirkan dokumen dan syarat seperti berikut:

    · Sertifikat keahlian

    · Surat keterangan masa berlayar yang diverifikasi oleh atau KBRI setempat

    · Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

    · Surat keterangan kesehatan dari dokter atau rumah sakit yang direkomendasikan

    · Pas foto ukuran 5 x 5 dan 3 x 4 masing-masing sebanyak 3 lembar dengan mengenakan baju putih polos lengan panjang berdasi hitam dan menggunakan background berwarna biru untuk dek dan background merah untuk bagian mesin.

    Materi Pendidikan dalam Basic Safety Training

    Dalam pelatihannya, Anda akan diberikan sejumlah materi sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat Basic Safety Training seperti pengetahuan dasar untuk menghadapi kebakaran, program pengenalan dan latihan dasar keselamatan, trik melakukan pertolongan pertama tingkat dasar, teknik dasar dalam mempertahankan hidup serta keselamatan pribadi dan tanggung jawab sosial

    Biaya Pembuatan dan Masa Berlaku Basic Safety Training

    Untuk membuat sertifikat Basic Safety Training, biaya yang dipatok bergantung pada tempat pelaksaan diklat. Namun, kisaran biaya yang berlaku di tahun 2018 ini mulai Rp1.300.000 hingga Rp1.500.000.

    Sama seperti dokumen lainnya, sertifikat Basic Safety Training juga memiliki masa berlaku hingga 5 tahun. Jika masa berlaku habis, Anda tak perlu membuatnya dari awal karena bisa melakukan perpanjangan melalui tempat dilaksanakannya diklat.

    Memiliki peran sangat penting, tentunya setiap pelaut wajib memiliki sertifikat Basic Safety Training. Termasuk untuk perusahaan kapal, pastikan bahwa seluruh karyawan sudah memiliki sertifikat ini dengan masa berlaku yang sesuai.