Menu

Mengenal Jenis-jenis Galangan Kapal

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Aug 27, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]
    Sebagai seorang yang bekerja di bidang kelautan, pastinya Anda sangat mengenal galangan kapal. Adapun, galangan kapal terdapat di sejumlah negara industri kapal, salah satu yang terbesar terdapat di Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, bahkan Indonesia.

    Nah, untuk Anda yang berencana masuk ke industri pembuatan kapal, berikut ini terdapat penjelasan singkat dan jenis-jenis galangan kapal yang ada di dunia. Apa saja itu?

    [​IMG]

    Pengertian Galangan Kapal

    Galangan kapal merupakan sebuah tempat yang dirancang secara khusus untuk melakukan pembuatan dan perbaikan kapal. Adapun, kapal-kapal tersebut meliputi kapal pesiar atau yatch, kapal militer, hingga kapal kargo.

    Berbeda dengan kawasan Asia yang memiliki galangan kapal terintegrasi, galangan kapal di kawasan Eropa lebih terpecah dan biasanya dimiliki oleh perusahaan kecil. Sementara itu, pembuatan kapal di wilayah Amerika umumnya dilakukan oleh pribadi, salah satu galangan kapal terbesar adalah Northtop Grumman yang merupakan kontraktor pertahanan.

    Untuk galangan kapal berukuran besar, biasanya terdapat banyak sekali dok kering, crane, slipway, gudang bebas debu, fasilitas untuk pengecetan dan tempat berukuran luas untuk melakukan fabrikasi.

    [​IMG]

    Selain itu, galapan kapal juga seringkali digunakan untuk merancang desain kapal, pemasangan plat lambung, instalasi peralatan, tes kelayakan, bahkan klasifikasi. Sementara pada galangan kapal yang dikhususkan untuk pemeliharaan dan perbaikan, biasanya meliputi perbaikan pada konstruksi lambung, propeller stertube, mesin inti dan peralatan lainnya.

    Setelah sebuah kapal dinyatakan tidak layak untuk beroperasi, maka kapal tersebut akan melakukan perjalanan terakhir ke galangan penghacuran kapal. Pada awalnya, penghancuran kapal dilakukan di dok kering yang terdapat di sejumlah negara maju, namun adanya standar gaji tinggi dan peraturan ketat terkait isu lingkungan mengakibatkan pergerakan industri beralih ke negara-negara berkembang, di mana saat ini banyak ditemukan di kawasan pantai Asia Selatan.

    Jenis-jenis Galangan Kapal

    [​IMG]

    Saat ini, galangan kapal terbagi dalam tiga jenis, seperti:

    • Building dock shipyard yang merupakan tempat untuk pembuatan kapal baru, meliputi perancangan desain dan instalasi.
    • Repair dock shipyard yang digunakan dalam ruang lingkup perbaikan kapal (repair) dan pemeliharaan kapal (maintenance).
    • Bulding and repair shipyard yang melakukan pembangunan baru dan perbaikan kapal lama, salah satunya adalah PT. Samudra Marine Indonesia yang berlokasi di Cilegon.
    Hal-hal diatas merupakan perkenalan singkat terkait galangan kapal. Punya pendapat lain soal galangan kapal? Silahkan share di kolom komentar, ya!