Menu

Mengenal Jenis-jenis Kapal Keruk

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 4, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]
    Kapal keruk (dredger) adalah peralatan khusus yang digunakan untuk keperluan pengerukan. Layaknya sebuah buldoser atau excavator di darat, kapal keruk dipakai untuk memenuhi kebutuhan suatu pelabuhan, industri lepas pantai dan alur pelayaran.

    Saat ini, ada beberapa jenis kapal keruk yang terbagi menurut fungsinya. Nah, apa saja sih masing-masing jenis dari kapal keruk ini? Berikut ulasannya:

    Kapal Keruk Penghisap (Suction Dredger)

    Kapal keruk jenis ini bekerja dengan cara menghisap material menggunakan pipa panjang menyerupai vacuum cleaner. Adapun, kapal keruk penghisap terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

    · Trailing Suction Hopper Dredger

    [​IMG]

    Trailing suction hopper dredger digunakan untuk menyeret pipa penghisap saat mengisi material ke beberapa penampung di dalam kapal, di mana jika penampung sudah penuh maka kapal akan berlayar ke lokasi pembuangan untuk memuntahkan material melewati pintu bagian bawah.

    Tercatat, trailing suction hopper dredger terbesar saat ini adalah Jan De Nul - Vasco Da Gama yang dimiliki perusahaan asal Belgia dengan tenaga mencapai 37,060 kW.

    · Cutter-Suction Dredger

    [​IMG]

    Jenis lainnya adalah cutter-suction dredger. Kapal keruk yang satu ini berupa tabung untuk menghisap dengan kepala pemotong yang berada di pintu penghisap untuk mengeruk material keras seperti batu. Setelah kapal ini menghisap material, maka akan dikeluarkan melalui pipa, sementara pemotongnya dirancang sangat kuat dengan 2 buah spud can di bagian belakang dan 2 jangkar di bagian depan kiri dan kanan.

    Bucket Dredger

    [​IMG]

    Jenis kapal keruk selanjutnya adalah bucket dredger. Kapal jenis ini sudah eksis sejak lama dan dilengkapi dengaa berbagai tools seperti timba untuk mengangkat sedimen dari dasar air. Saat ini, bucket dredger masih digunakan untuk penambangan biji timah di Bangka Belitung dan Kepulauan Riau dan tergolong andal untuk mengeruk karang untuk membuat alur pelayaran.

    Bachoe Dredger

    [​IMG]

    Backhoe dredger identik dengan sebuah ackhobe layaknya excavator dan sekaligus bisa digunakan untuk darat dengan diletakkan di atas tongkang. Tercatat, terdapat dua backhoe dredger terbesar di dunia yakni TAURACAVOR miliki Bean L.L.C dan NEW YORK milik Great Lakes Dredge & Dock Co.

    Water Injection Dredger

    [​IMG]

    Terakhir adalah water injection dredger. Kapal keruk yang satu ini bekerja dengan menembakkan air di dalam sebuah jet kecil bertekanan rendah ke sedimen yang berada di dasar air, kemudian didorong oleh arus dan gaya berat keluar dari lokasi pengerukan. Dalam penggunaanya, biasanya water injection dredger dipakai untuk keperluan maintenance dredging di pelabuhan.

    Nah, jenis kapal keruk diatas saat umum ditemukan di perairan dunia. Apakah Anda memiliki pengalaman kerja di kapal keruk? Silahkan share di kolom komentar, ya!