Menu

Mengetahui Tiga Rute Utama ASEAN Ro-Ro Shipping Network

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Dec 11, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 263
    • Likes Received: 98
    [​IMG]

    Proyek transportasi laut antar negara ASEAN terus dikembangkan. Seperti proyek Asean Connectivity yang memiliki salah satu program bernama ASEAN Ro-Ro (Roll On-Roll Off) Network and Short Sea untuk mengkoneksikan negara-negara di ASEAN melalui laut.

    Nantinya, program yang satu ini akan bekerja menyerupai East Asia Ro-Ro Network yang menyatukan wilayah Korea Selatan, China dan Jepang melalui 26 rute kapal dan Europe Ro-Ro Network yang menggabungkan negara-negara di Eropa melalui 98 rute perjalanan.

    Adapun, saat ini terdapat tiga rute utama yang diproyeksikan pada program ASEAN Ro-Ro Shipping Network, diantaranya adalah rute General Santos/Davao (Filipina) - Bitung (Indonesia), Dumai (Indonesia) – Malaka (Malaysia), serta rute Belawan (Indonesia) - Penang (Malaysia) – Phuket (Thailand).

    Sementara itu, studi lanjutan dari ketiga rute di atas dilakukan oleh ASEAN yang bekerjasama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) dan selesai pada Juli 2013.

    Rute General Santos/Davao (Filipina) - Bitung (Indonesia)

    Rute pertama ini telah diresmikan di Kudos Port, Davao, Filipina yang turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte pada bulan April 2017. Rute General Santos/Davao (Filipina) - Bitung (Indonesia) memiliki jarak 456 nm (845 km) dan akan dilayani oleh kapal Ro-Ro Super Shuttle 12.

    Rute Dumai – Malaka

    Sementara itu, terdapat rute lain yakni Dumai (Indonesia) – Malaka (Malaysia) yang disepakati akan mulai beroperasi pada tahun pertama 2019. Untuk rute ini, operator pelabuhan yang terpilih di Dumai adalah PT Pelindo I (Persero) sedangkan operator di Malaysia adalah Tanjung Bruas Port. Dengan jarah mencapai 107 km, rute kedua ini akan dilayani oleh dua kapal Ro-Ro berukuran kecil dengan dua perjalanan per hari.

    Rute Belawan (Indonesia) - Penang (Malaysia) – Phuket (Thailand)

    Sebelumnya, rute Belawan - Penang sepanjang 259 km pernah dioperasikan pada tahun 2005. Namun, proyek belum berjalan resmi karena terdapat hambatan di sektor regulasi, infrastruktur, dan pembiayaan. Pada proyek kali ini, rute perjalanan Belawan - Penang – Phuket akan mengutamakan muatan barang karena muatan penumpang memerlukan segmen pasar tertentu.

    Adapun, rekomendasi dari JICA adalah penggunaan kapal Ro-Ro jenis ROPAX dengan ukuran sedang dengan kecepatan 20 knot dan memiliki kapasitas angkut mencapai 49 truk dan 400 orang penumpang. Sementara itu, jadwal pelayaran adalah 2 kali per minggu untuk rute Belawan - Penang dan 1 kali per minggu untuk rute Penang - Phuket.

    Tentunya, proyek ini diharapkan segera berjalan sehingga memberikan kemudahan pada pelaku usaha ataupun penumpang yang mengandalkan moda transportasi laut.
     
  2. Joseph

    Joseph is a Verified MemberJoseph Member

    • Messages: 33
    • Likes Received: 5
    Thank you brother Mr. RPermana
    That's greathest information for a Shipping line corporate
    Best Regard
    Joseph

    Sent from my Redmi Note 3 using KapalAku.com mobile app