Menu

Pantau Lokasi Kapal Nelayan dengan Aplikasi VMS!

Discussion in 'Diskusi Umum' started by minmin, Aug 7, 2019.

Share This Page

  1. Staff Member
    minmin

    minmin is a Featured Memberminmin is a Verified Memberminmin Administrator

    • Messages: 333
    • Likes Received: 141
    [​IMG]

    Penerapan teknologi pemantau kapal nelayan terus dilakukan untuk melindungi para nelayan yang berada di titik lokasi tak pasti di tengah laut. Meskipun para nelayan saat ini telah dilindungi oleh asuransi jiwa, namun penggunaan sistem teknologi ini sangatlah penting karena dapat mengetahui posisi nelayan secara akurat di tengah lautan.

    Adalah aplikasi VMS (Vessel Monitoring Solution) yang merupakan sistem pemantauan kapal nelayan dari Sisfo Indonesia yang didukung teknologi hybrid dari layanan Telkomsel MyBusiness. Sistem tersebut memanfaatkan infrastruktur GSM yang selain memantau segala aktivitas nelayan saat menangkap ikan, juga membantu meningkatkan produktivitas para nelayan tersebut.

    Tak hanya itu, aplikasi VMS pun merupakan teknologi yang bisa mendukung pemerintah dalam memerangi illegal fishing, termasuk membantu para pemilik kapal yang ingin mengelola informasi kapal secara efisien dan mendapatkan perkiraan hasil tangkapan ikan.

    Fitur Aplikasi VMS

    [​IMG]

    Selain kemudahan tracking nelayan yang tengah melaut, aplikasi VMS juga memiliki sejumlah fitur yang sangat penting karena dapat membantu para nelayan. Berikut ini adalah fitur-fitur dalam aplikasi VMS:

    · Fitur Log Book untuk membantu para nelayan melaporkan posisi penangkapan dan hasil ikan agar hasil tangkapan dapat diterima oleh pasar dengan harga yang layak.

    · Fish Forecast yang dapat membantu para nelayan untuk mengidentifikasi keberadaan ikan di tengah laut.

    · Fitur Panic Button yang dapat dipakai para nelayan untuk memberikan informasi terkait keadaan darurat di kapal sehingga bisa mendapatkan bantuan.

    · Fitur Weather Information yang dapat memberikan informasi perkiraan cuaca dan terkoneksi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika,

    · Fitur Messaging Service untuk membantu nelayan dapat mengirimkan pesan dengan petugas pelabuhan yang berwenang di darat,

    · Fitur Geofencing yang bekerja memanfaatkan GPS untuk membantu nelayan mendapatkan informasi ketika memasuki daerah terlarang untuk menangkap ikan.

    Saat ini, aplikasi VMS ini telah digunakan oleh pemerintah daerah dan nelayan yang berada di Sendang Biru, Malang, Jawa Timur dan Sinjai, Sulawesi Selatan. Diharapkan, penggunaan aplikasi ini semakin luas karena dapat meningkatkan keamanan dan produktivitas nelayan saat melaut.
     
  2. Lelaki_bejat

    Lelaki_bejat New Member

    • Messages: 2
    • Likes Received: 0
    Link download aplikasinya om...?