Menu

Teluk Lamong, Pelabuhan Pertama dengan Standar Internasional di Indonesia

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 13, 2018.

Share This Page

Tags:
  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Saat ini, Pelabuhan Tanjung Priok menyediakan sarana aktivitas perdagangan internasional di Indonesia mencapai 60 persen. Kendati demikian, pelabuhan tesebut belum memenuhi standar internasional sehingga memacu pemerintah untuk membangun pelabuhan baru sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas perdagangan.

    Hasilnya, saat ini kita memiliki Pelabuhan Teluk Lamong yang merupakan satu-satunya pelabuhan berstandar internasional berupa terminal multipurpose yang dikembangkan oleh PT Pelindo III (Persero).

    Terletak di perbatasan Surabaya dan Gresik, Teluk Lamong menjadi penunjang bagi Pelabuhan Tanjung Perak yang sebelumnya sudah beroperasi dan dijadikan acuan untuk mengembangkan pelabuhan lain di Indonesia dengan ISPS Code (International Ship and Port Facility Security Code).

    Fasilitas Modern di Teluk Lamong

    [​IMG]

    Sebagai pelabuhan pertama di Indonesia dengan standar internasional, Teluk Lamong memiliki dukungan keamanan yang sangat andal sehingga aktivitas di lapangan kontainer untuk memeriksa fisik barang hanya bisa diakses oleh orang yang berkepentingan saja.

    Tak kalah menarik, lapangan kontainer di pelabuhan ini sudah menggunakan crane yang dikendalikan secara remote dan menggunakan komputerisasi, fasilitas hangar untuk badan karantina dan pemeriksaan fisik bea-cukai, termasuk akses keluar masuk kendaraan yang dibuat dua jalur untuk memudahkan mobilitas.

    Di Teluk Lamong, truk dan kontainer diwajibkan menggunakan bahan bakar gas sehingga ramah lingkungan. Selain itu, truk dirancang khusus dengan penempatan mesin di bagian bawah sehingga memudahkan proses penggantian sparepart saat terjadi mogok dan tidak menyebabkan kemacetan.

    Kapasitas Teluk Lamong

    [​IMG]

    Pelabuhan Teluk Lamong memiliki 2 dermaga, diantaranya adalah dermaga curah kering dengan panjang 250 meter dan dermaga petikemas dengan panjang 500 meter. Luasan tersebut diperkirakan akan terus mengalami penambahan dan saat ini sanggup menampung kapal jenis Panamax dengan kapasitas hingga 80.000 DWT (Dead Weight Ton).

    Pelabuhan Teluk Lamong diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2015 lalu. Terminal ini diharapkan menjadi pemicu dari pembangunan pelabuhan lain yang didukung sederet fasilitas canggih dan modern dan memungkinkan aktivitas perdagangan bisa dilakukan secara langsung tanpa harus singgah di pelabuhan Singapura.