Menu

Tentang Susunan Mesin Kapal dan Syarat Khusus Penggunaannya

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Sep 7, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]
    Mesin merupakan inti sebagai pendukung kapal supaya bisa berlayar secara sempurna. Di kapal, tak hanya terdapat mesin inti saja, melainkan sederet alat tambahan yang mencakup semua perlengkapan mekanis untuk pendukung pelayaran.

    Sebagai informasi, berikut ini terdapat susunan mesin yang terdapat pada kapal serta syarat khusus dalam penggunaan mesin tersebut.

    Susunan Mesin Kapal

    [​IMG]

    · Mesin Induk

    Pada kapal, terdapat mesin induk (main engine) yang merupakan penggerak utama untuk menghasilkan tenaga dan bisa mendorong kapal atau memutar poros pada baling-baling sehingga melancarkan proses pelayaran.

    · Mesin Bantu

    Sesuai namanya, mesin bantu (auxiliary engine) merupakan mesin yang mendukung kinerja mesin induk selama melakukan pelayaran, serta semua mesin untuk melakukan kegiatan bongkar muat namun tidak termasuk ketel uap.

    · Ketel

    Susunan mesin kapal selanjutnya adalah ketel atau boiler. Mesin ini digunakan untuk membangkitkan uap yang dipakai dalam menghasilkan tenaga penggerak. Selain itu, ketel juga dipakai sebagai sumber daya untuk pemanasan.

    · Poros dan baling-baling

    Baling-baling (propeller) bertugas untuk menjalankan kapal. Dalam kinerjanya, sebuah baling-baling akan dihubungkan dengan mesin menggunakan poros (shaft) dan berperan sebagai penghubung antara mesin induk dan baling-baling.

    · Pipa

    Susunan mesin lainnya berupa sistem penataan yang terdiri dari sejumlah pipa dan katup, berfungsi untuk mengalirkan uap, air tawar, air laut, minyak dan jenis cairan lainnya.

    · Alat Navigasi dan Komunikasi

    Dalam pelayaran, diperlukan pula perlengkapan komunikasi, radio dan alat ukur sebagai sarana untuk memantau keadaan laut ataupun memantau kinerja dari mesin yang dilakukan oleh kru kapal.

    Syarat Penggunaan Mesin Kapal

    [​IMG]
    Dijalankan pada lingkungan khusus, tentunya mesin kapal yang digunakan harus memenuhi sejumlah persyaratan penting. Berikut ini terdapat syarat-syarat dalam penggunaan mesin kapal, seperti:

    1. Berukuran ringan dengan volume kecil sehingga memungkinkan ruang dan kemampuan muat menjadi lebih besar.

    2. Memiliki tingkat kemampuan yang prima karena digunakan dalam lingkungan yang sangat luas (samudera) agar tidak berbahaya pada manusia, lingkungan dan badan kapal.

    3. Stabil dan memiliki ketahanan yang baik terhadap guncangan karena mesin kapal berputar sangat kuat dan tidak terpengaruh oleh dentuman dan getaran уаng terjadi diatas kapal.

    4. Memiliki tingkat getaran yang minim karena dapat menyebabkan beberapa efek уаng tidak diinginkan pada berbagai titik di badan kapal (hull) dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada para pelaut.

    5. Mudah dikerjakan, mudah diperiksa dan mudah dipelihara sehingga dapat dilakukan oleh awak kapal dengan jumlah yang terbatas.

    6. Tersedia alat pembalik arah (reverse propulsion) dan pengubah kecepatan

    7. Irit bahan bakar untuk meminimalisir budget operasional

    Setidaknya, kapal bisa bekerja prima jika memiliki sejumlah syarat diatas. So, pastikan kapal yang akan Anda gunakan atau sewa memiliki mesin dengan kinerja yang prima sehingga bisa menunjang kegiatan dengan baik.
     
    Last edited: Sep 7, 2018