Menu

Tips Aman Saat Berlayar dengan Kapal Penyeberangan

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Dec 20, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 278
    • Likes Received: 108
    [​IMG]

    Tahun 2018 akan segera berakhir. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) sering dimanfaatkan untuk mudik, pulang ke kampung halaman menggunakan aneka moda transportasi yang tersedia.

    Salah satu moda transportasi yang disukai para pemudik adalah kapal. Ya, menggunakan kapal penyebrangan dinilai lebih efisien dan ekonomis, terlebih para pemudik tetap bisa memakai kendaraan pribadi untuk mengakomodasi perjalanan selama mudik.

    Untuk Anda yang belum terbiasa menyebrang menggunakan moda transportasi kapal, berikut ini terdapat sejumlah tips yang bisa Anda lakukan sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman. Nah, apa saja tips tersebut?

    Hindari Mabuk Laut Saat di Perjalanan

    Berbeda dengan transportasi udara, kondisi laut yang rentan guncangan bisa membuat para penumpang lebih mudah merasa mual sehingga menyebabkan mabuk laut. Untuk meminimalisir hal ini, cobalah untuk tidak makan secara berlebihan, hindari makanan pedas dan berlemak dan hindari mengkonsumsi minuman bersoda saat berlayar.

    Pilih Posisi Duduk Terbaik

    Tips lainnya, cobalah untuk memesan tiket perjalanan lebih awal supaya Anda dapat memilih posisi tempat duduk terbaik. Perlu Anda ketahui, posisi duduk di atas kapal memiliki potensi besar terkena mabuk laut, sedangkan posisi tempat duduk di kabin bagian tengah jauh lebih baik karena minim guncangan. Selain itu, cobalah untuk duduk dengan menghadap ke arah kapal bergerak dan hindari membelakangi arah gerak kapal karena tubuh akan lebih mudah terkena mual.

    Periksa Barang Bawaan Anda

    Saat perjalanan sudah berakhir, selalu periksa barang bawaan Anda sebelum turun karena jika terdapat barang yang tertinggal akan sulit untuk mengambilnya mengingat jadwal operasional kapal penyebrangan sangatlah sibuk.

    Langkah terbaik, sebaiknya Anda meninggalkan barang yang tidak berharga di dalam kendaraan Anda dan hanya membawa barang berharga yang ditempatkan di tas kecil sehingga tidak tertinggal.

    Utamakan Keselamatan Perjalanan

    Setiap kapal penyebrangan memiliki alat keselamatan yang tentunya harus Anda ketahui supaya bisa menggunakannya sewaktu keadaan darurat. Selain itu, tetaplah berhati-hati saat turun dengan menunggu kapal bersandar dengan sempurna dan tetap berada di bangku penumpang hingga diberikan arahan lanjutan oleh petugas kapal.

    Apapun moda transportasi yang Anda gunakan, tentunya Anda harus mengutamakan keselamatan. Semoga, perjalanan mudik akhir tahun Anda berjalan secara aman dan nyaman, ya!