Menu

Tips Mencegah dan Mengatasi Mabuk Laut

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Oct 4, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 301
    • Likes Received: 144
    [​IMG]

    Saat menaiki kapal besar ataupun kapal kecil, siapapun bisa merasakan mabuk laut. Ya, mabuk laut bisa terjadi kapan dan di mana saja sehingga akan mengganggu perjalanan laut yang sedang Anda lakukan.

    Mabuk laut terjadi saat badan mengirimkan sinyal yang berlawanan dengan otak sehingga memberikan stimulasi visual yang keliru seperti melihat barang yang seakan berayun. Akibat kehilangan keseimbangan tersebut, seseorang akan merasa mual dan muntah, terlebih jika tubuh orang tersebut belum beradaptasi dengan gejala yang dirasakannya.

    Supaya terhindar dari mabuk laut, berikut ini terdapat tips pencegahan dan mengatasi mabuk laut. Mari kita simak selengkapnya:

    Isi Perut Minimal 30 Menit Sebelum Keberangkatan

    Sangatlah penting untuk mengisi perut Anda sebelum melakukan perjalanan dengan kapal laut. Anda bisa makan sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum keberangkat dengan porsi yang tidak terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan mual saat kekenyangan.

    Untuk perjalanan panjang, Anda juga bisa membawa perbekalan untuk dikonsumsi saat berada di atas kapal. Yang paling penting, Anda jangan membiarkan perut Anda kosong terlalu lama sehingga terhindar dari masuk angin.

    Pilih Tempat Duduk di Dek atau Bagian Tengah

    Ada baiknya Anda memilih tempat duduk di bagian tengah. Alasannya, bagian belakang ataupun bagian depan kapal akan terkena goncangan yang lebih kuat ketimbang bagian tengah sehingga meminimalisir terjadinya mual. Jika kapal memiliki dek, Anda juga bisa duduk di dek untuk merasakan angin segar. Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan mengelilingi dek kapal sembari melihat lautan lepas untuk mengalihkan rasa mual yang sedang dirasakan.

    Hindari Aroma Penyebab Mual

    Saat penumpang di sebelah Anda muntah atau saat mencium aroma tak sedap seperti solar, Anda harus menghindari bau tersebut supaya terhindar dari perasaan dan sugesti mual. Anda bisa berpindah tempat duduk sejauh mungkin, terlebih karena suara gelisah ataupun sikap dari orang yang mabuk bisa menstimulasi Anda untuk muntah.

    Konsumsi Obat Anti Mabuk

    Solusi lainnya, Anda bisa meminum obat anti mabuk untuk menghilangkan mual. Anda bisa meminumnya sekitar 15 menit sebelum keberangkatan. Namun jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

    Cara diatas bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi mabuk laut. Siap melakukan perjalanan dengan kapal laut?