Menu

Tips Menghindari Virus Norovirus Saat Naik Kapal

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Jan 25, 2019.

Share This Page

Tags:
  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 263
    • Likes Received: 95
    [​IMG]

    Di awal tahun ini, terjadi kejadian heboh di pelayaran kapal pesiar Oasis of the Sea. Di dalam kapal yang dioperasikan oleh Royal Caribbean International ini, terdapat banyak penumpang yang terkena virus penyakit norovirus.

    Saat pelayaran Oasis of the Seas berlangsung, terdapat 277 penumpang yang terkena virus norovirus sehingga pelayaran di perairan Karibia harus dipersingkat dan membuat Royal Caribbean International harus melakukan pengembalian dana pada penumpang.

    Lantas, apa sih virus ini dan bagaimana cara supaya terhindar dari penyebaran norovirus? Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak artikel di bawah ini:

    Gejala dan Penyebaran Norovirus

    Norovirus adalah wabah yang sering menyerang di tempat-tempat yang terisolasi, seperti kapal pesiar, tempat penitipan anak, dan asrama. Virus ini bisa menyebar secara cepat melalui air dan makanan yang telah terkontaminasi dengan menyentuh benda yang permukaannya sudah terkena virus.

    Adapun, virus ini dapat mengakibatkan inflamasi pada perut dan sistem pencernaan sehingga menimbulkan gejala diare, mual, dan muntah. Sementara itu, makanan yang paling mudah terkena kontaminasi adalah kerang, buah atau sayuran segar yang tidak dicuci atau disantap dalam kondisi mentah.

    Fakta penting lainnya, norovirus juga bisa menyerang 1 dari 15 orang yang berada di daratan, serta 1 dari 5.500 orang yang berada di lautan. Kemungkinan, penyebaran awalnya terjadi di kapal pesiar kecil yang tidak dilengkapi fasilitas kesehatan mumpuni.

    Tips Menghindari Novirus Saat di Kapal

    [​IMG]

    Jika Anda berencana melakukan perjalanan wisata menggunakan kapal, Anda tak perlu khawatir karena terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyebaran virus ini. Bahkan, sejumlah kapal pesiar yang dioperasikan oleh operator besar selalu melakukan tindakan pencegahan, mulai dari membersihkan pegangan seperti tangga atau dek, tidak mengizinkan kru untuk bersentuhan fisik dengan penumpang, dan menyiarkan video keselamatan.

    Sementara itu, Anda sebagai penumpang juga bisa melakukan tindakan supaya terhindar norovirus di kapal pesiar, seperti:

    · Melapisi tangan dengan tisu saat memegang sarana yang turut dipegang oleh banyak orang, seperti tombol lift, pintu kamar mandi dan pegangan tangga.

    · Menggunakan kamar mandi di dalam kamar dan menghindari penggunaan kamar mandi publik.

    · Meminimalisir jabat tangan seseorang di dalam kapal dan menggantinya dengan senyum sapa.

    · Menghindari konsumsi makanan mentah saat di atas kapal.

    · Hanya menggunakan handuk untuk seorang diri dan tidak membagikannya dengan orang lain.

    · Membersihkan tangan dengan air dan sabun sesering mungkin.

    · Segera melapor jika Anda mulai merasa mual atau terkena diare sehingga bisa ditangani sejak dini.

    Tips di atas bisa Anda lakukan supaya terhindar dari penyebaran norovirus yang banyak terjadi di kapal pesiar. Semoga, pelayaran Anda bisa berlangsung secara aman dan nyaman, ya!